Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Penyakit Tipes

Sulit sekali membedakan antara demam berdarah dan penyakit tipes, untuk mewaspadai penyakit tipes, langkah yang harus dilakukan yaitu tahu apa saja penyebab dan gejala dari penyakit tipes.

Biasanya masyarakat yang tidak tahu penyebab dan gejala penyakit tipes akan mengetahuinya apabila penyakitnya sudah cukup parah.

Itu sangat berisiko sekali, karena apabila sudah cukup parah, maka tentu saja proses penyembuhannya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan ada yang dirawat dirumah sakit selama berminggu-minggu.

Tahu penyebab dan gejala penyakit tipes sejak dini akan membuat kita lebih waspada dengan penyakit ini.


Faktor penyebab penyakit tipes

Apa itu penyakit tipes? Penyakit tipes diindikasikan sebagai infeksi yang terjadi pada usus yang diakibatkan oleh makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri yang bernama Salmonella Thypti.

Bakteri yang akan masuk ketubuh bersama dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga bisa sampai ke dalam usus serta menyebar keseluruh tubuh.

Penyakit tipes ini bisa mejangkit semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit tipes ini berawal dari akibat kurang menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan tangan pada saat makan dan minum.

Bukan hanya disebabkan oleh bakteri Salmonella Thypti, ada juga penyakit tipes yang disebabkan oleh hal lain.

Penyebab lain terjadinya penyakit tipes yaitu kutu badan yang bisa mengakibatkan tipus epidemik. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang bernama Ricketsia Typhi, dimana bakteri tersebut dibawa dan disebarkan oleh kutu.

Tungau dan caplak merupakan penyebar dari penyakit ini. Berhati-hatilah dan jaga kebersihan diri serta lingkungan, terutama kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ada juga beberapa jenis penyakit tipes yang lainnya seperti demam berbintik gunung Rocky, demam bountonneuse, tipes caplak siberia, tipes caplak australia, dsb.

Secara umum, seseorang bisa diketahui terkena penyakit tipes apabila ketika dilakukan pemeriksaan laboratium terjadi beberapa hal, diantaranya :
  • Sel darah putih dalam tubuh jumlahnya menurun yang menyebabkan perdarahan yang terjadi pada usus
  • Jumlah trombosit akan menurun
  • Ketika dilakukan pemeriksaan darah, maka darah, kotoran, serta urin biasanya terdapat bakteri salmonella thypti
Faktor gejala penyakit tipes

Seseorang yang menderita penyakit tipes parah biasanya kurang memperhatikan gejala-gejala yang terjadi, sehingga baru mendapatkan penanganan ketika kondisinya sudah semakin memburuk.

Maka dari itu, sudah seharusnya anda tahu apa saja faktor gejala tipes. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit tipes yang sering terjadi :

Demam
Penderita penyakit tipes pada awalnya akan mengalami demam tinggi yang suhu tubuhnya bisa mencapai 39 - 40°C pada malah hari. Akan tetapi menjelang pagi hari dan siang hari panasnya akan menurun dan akan terulang lagi di malam hari. Kondisi naik turunnya suhu tubuh ini biasanya akan terjadi selama kurang lebih 3 minggu pertama ketika seseorang mengalami penyakit tipes.

Tidak nafsu makan
Penderita penyakit tipes biasanya cenderung akan kehilangan berat badannya, karena biasanya seseorang akan kehilangan nafsu makannya saat terjangkit tipes. Akibatnya berat badan menurun serta kondisi tubuh akan semakin lemas.

Bibir pecah-pecah
Faktor gejala penyakit selanjutnya yaitu kondisi bibir pecah-pecah dan cenderung sangat kering. Bukan itu saja, karena biasanya seseorang yang terjangkit penyakit tipes ini juga akan mengalami peradangan didalam tenggorokannya. Mulut pun akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Lidah berwarna putih
Rasa pahit dilidah ketika makan ataupun minum mungkin menjadi gejala yang sudah biasa dialami oleh kebanyakan orang ketika sedang sakit. Akan tetapi bagi para penderita tipes, biasanya gejala ini diikuti dengan bagian tengah lidah yang berwarna putih. Sedangkan apabila diperhatikan pada bagian tepi lidah, warnanya akan tetap merah.

Otot nyeri
Gejala penyakit tipes ringan lainnya yang bisa terjadi yaitu otot-otot tubuh yang terasa nyeri. Bahkan ketika mengalami penyakit tipes, kepala akan terasa pusing dan terasa berat.

Diare atau sulit BAB
Biasanya orang yang terjangkit tipes akan mengalami diare (Simak : Obat Diare), akan tetapi tidak jarang justru ada juga orang yang mengalami kondisi sulit BAB. Bagian perut pun akan terasa sakit yang diakibatkan oleh limfa dan hati yang bengkak. Maka dari itu tidak heran apabila biasanya penderita tipes akan merasa mual dan sering muntah. Gejala lainnya bisa terlihat apabila muncul bercak merah kecil pada bagian perut dan juga dada.

Cara Mengatasi Penyakit Tipes

Penyakit tipes yang dibiarkan tanpa ada penanganan akan mengakibatkan terjadinya kebocoran usus yang tentunyaakan berakibat fatal yaitu kematian.

Maka dari itu, apabila sudah mengalami gejala penyakit tipes, segeralah melakukan langkah penanganan supaya penyakit tipes segera teratasi.

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter supaya mendapatkan obat. Obat yang biasa diberikan kepada penderita tipes yaitu obat antibiotik dan analgesik, atau bisa juga disalurkan menggunakan infus. Selain itu, disarankan untuk mengistirahatkan tubuh secara total serta disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur atau jenis makanan halus lainnya.

Bisa juga dengan menggunakan obat berbahan alami seperti QnC jelly gamat yang sudah terbukti khasiat serta manfaatnya mampu mengatasi penyakit tipes. Silahkan baca penjelasannya di: Obat Tipes